25 April 2012

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak


Hampir setiap anak sering sekali mengalami penyakit batuk dan pilek. Batuk dan pilek sebenarnya tidak selalu reaksi negatif tubuh. Batuk dan pilek kemungkinan adalah reaksi positif tubuh untuk mengeluarkan racun-racun yang menumpuk pada saluran pernafasan manusia yang sering sekali terjadi. Ketika kita mengalami batuk dan pilek, sering disertai dengan dahak/lendir (slem) yang merupakan reaksi positif tubuh untuk mengeluarkan racun. Proses seperti ini memang tidak membuat kita nyaman. Tetapi kita bisa membantu tubuh agar tidak terlalu lama berada dalam ketidaknyamanan ini. Dengan tips-tips yang benar, batuk dan pilek bisa disembuhkan dengan cepat.


Berikut ini adalah Cara penanganan batuk dan pilek yang sering terjadi pada anak : 
  1. Berikan minum pada si anak dengan air putih yang hangat sesering mungkin. Hal ini untuk membantu dalam pengeluaran dahak saat batuk dengan lebih cepat.
  2. Berikan jus jeruk ditambahkan dengan madu royal jelly sehari dua kali, yaitu di waktu pagi saat perut masih kosong dan waktu malam sebelum anak tidur.
  3. Cobalah para orang tua untuk mengajari anak menghirup uap air panas yang telah dicampur dengan beberapa ramuan herbal di waktu pagi dan sore hari selama kurang lebih 10-15 menit atau semampu si anak. Ramuan herbal ini bisa dibuat dengan cara mendidihkan 1 liter air, kemudian dicampur dengan potongan jahe sebesar ibu jari, sejemput cengkeh, satu sendok makan garam dan sedikit mint bila ada. Uap air dari ramuan herbal ini yang akan dimanfaatkan sebagai obat inhalasi yang berguna untuk melonggarkan saluran pernafasan serta mengeluarkan dahak saat batuk dan pilek menyerang.
  4. Kompreslah dengan air hangat di sekitar muka, kening, hidung dan dada selama kurang lebih 30 menit - 1 jam. 
  5. Lalu pijatlah bagian muka anak, terutama di sekitar kening dan mata dengan baby oil. Dan jangan lupa untuk memijat anak pada bagian punggung belakang dan di sekitar dada dengan minyak hangat.
  6. Berikan kepada si anak yang mengalami batuk dan pilek dengan obat batuk yang berasal dari ramuan tradisional. Ramuan ini bisa dibuat sendiri dengan cara mendidihkan empat gelas air, kemudian dicampurkan dengan satu iris jahe, laos dan kayu manis sebesar ibu jari, dua batang serai, semua bahan tadi diiris kecil-kecil, selanjutnya ditambahkan dengan enam lembar daun sirih yang telah dipotong-potong dan sejumput cengkih. Biarkan sisa air dari ramuan tradisional tadi hingga sekitar dua gelas, kemudian berikan pada si anak yang batuk untuk diminum di pagi dan sore hari sebanyak masing-masing 1 gelas yang ditambahkan dengan 2 sendok makan madu. 
  7. Batuk pilek sering berakibat pada penurunan nafsu makan. Ketika ini terjadi maka berikan saja air madu hangat sesering mungkin dan bisa ditambah dengan jus buah-buahan secukupnya. 
Semoga cara penanganan penyakit batuk dan pilek ini dapat membantu dalam penyembuhan. dan bila batuk tidak kunjung sembuh setelah beberapa minggu alangkah baiknya segera diperiksakan ke dokter. Karena ditakutkan penderita mengalami TBC (Tuberkulosis) yang menular dan sangat berbahaya.

4 comments on “Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak” :

Post a Comment

-------------Bila berkenan berikan rating bintang di artikel ini--

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar Anda di blog cerita zebhi. Terima Kasih. :D

Related Posts with Thumbnails