Tips menambah tinggi badan secara alami (Up Date)

Jujur saja tinggi badan saya tidak terlalu mencolok. Mungkin sekitar 172-175 cm (saya sudah lama tidak mengukurnya lagi). Tapi saat masih kecil saya termasuk orang paling pendek di antara teman-teman seumuran. Mulai kelas 3 SMP tinggi badan saya lumayan bertambah. Itu karena niat dan usaha saya selama beberapa bulan untuk menambah tinggi badan.

Saya akan membagi tips untuk menambah tinggi badan secara alami.

1. Cukup tidur siang dan malam hari

Tidur siang terbukti mampu menambah tinggi badan. Itu dikarenakan saat kita tidur siang hormon pertumbuhan(Growth Hormone) lebih aktif bekerja. Tidur siang yg nyenyak jg memberikan rasa rileks pada tubuh. Ini dapat mengurangi stres, terhindar dari penyakit jantung dan memperpanjang umur. Beberapa penelitian jg menyebutkan bahwa tidur siang mampu meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kemampuan para pekerja. Lama waktu tidur siang yg baik adalah sekitar 15 menit sampai 1 jam. Sedangkan tidur malam minim 6 jam sampai 8 jam. Dan tentu saja tidur malam lebih penting dan sebaiknya selalu teratur serta cukup.

2. Memposisikan tubuh lurus terlentang saat tidur.

Entah darimana guru saya bisa tahu cara meninggikan badan dengan memposisikan tubuh lurus saat tidur. Tapi saya melakukan itu setiap tidur dan terbukti berhasil. Walaupun, memang posisi tidur seperti itu menyiksa bagi saya. Mungkin saja dengan posisi seperti itu proses pertumbuhan lebih optimal. Tubuh terlentang, kaki dan tangan lurus.

3. Makan dan minum-minuman yg mengandung protein serta kalsium tinggi

Makanan dan minuman yg banyak mengandung protein dan kalsium tinggi jg dapat meninggikan badan. Terutama susu yg memiliki kandungan gizi yg sangat lengkap. Dan sebaiknya minum susu saat akan tidur malam karena penyerapan gizi lebih optimal di waktu tidur malam.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga juga penting bagi pertumbuhan. Renang dan basket adalah olahraga yang efektif menambah tinggi badan. Kalaupun anda terlalu sibuk dan tidak bisa melakukannya, coba untuk tiap hari melompat sebanyak 10x. Lebih baik lagi memasang target untuk dilampaui. Jadi, semisal anda punya lemari yang tinggi. Nah, usahakan terus melompat melebihi lemari itu. Memang butuh waktu berbulan-bulan tapi anda jangan putus asa, karena hasilnya akan sepadan. Tidak harus lemari, gunakan garis atau apapun sebagai target yang tidak bisa anda jangkau.

5. Jangan membiasakan diri berposisi bungkuk

Ada kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya salah bagi kesehatan. Posisi duduk dan berdiri bungkuk dapat menghambat pertumbuhan. Apalagi tidur di atas meja saat belajar atau bekerja.

177 thoughts on “Tips menambah tinggi badan secara alami (Up Date)”

  1. wah…. harus tidur siang ya bro…..
    kalau gak punya waktu buat tidur siang gimana bro… kita kan bukan pegawai yang siang hari bisa tidur….

  2. @aku : Itulah bedanya kantor di Indonesia dgn di luar negeri. Beberapa kantor di sana sudah menetapkan kebijakan bagi pegawai untuk tidur siang.
    Tapi walaupun pegawai bukannya ada istirahatnya, Bro? Gak usah lama2 tidur siangnya malah bikin males.

    @hamka : Hehee. Saya sendiri termasuk kurus tuch. Tapi kata temen makan sebelum tidur bisa nambah berat badan.

  3. @3wahyu464putra : Klo umur 20 thn, kemungkinan masih bisa tp gak nambah banyak. Soalnya hormon pertumbuhan pas umur belasan tahun lebih aktif bekerja drpd umur 20.

    Wah, klo cara instantnya sich ada. Tp beresiko. Seperti operasi. Ikutan program Ortopedi aja harus berjangka beberapa bulan. Alat2 penambah tinggi badan jg banyak dijual di pasaran. Klo alat itu sepertinya bisa jg menambah tinggi badan. Tp sama “gak instant”. Klo ada yg bilang alat itu bisa menambah tinggi badan dlm sehari, sebenarnya itu cuma meregangkan tulang.
    Hal ini sama dgn saat kita bangun tidur, badan kita menjadi lebih tinggi drpd waktu2 sesudahnya.

  4. Tentu saja bisa. Ada beberapa opsi tinggi badan sampai segitu :
    1. Punya kelainan hormon (dalam hal ini kelebihan hormon)sehingga tumbuh abnormal walaupun orang tuanya pendek semisal penyakit “Gigantisme”
    2. Menurunkan sifat dari orang tuanya yg tinggi2

    Saya rasa utk orang Indonesia jarang sekali yg memiliki tinggi 190cm atau lebih. Tapi saya pernah tau sendiri ada yg bertinggi badan segitu.

  5. @Ashraf: Tidur siang itu biasanya antara pukul 11.00 Am – 03.00 Pm. Tergantung anda mengatur waktu tidur siang dan waktu bekerja.

  6. @Novi: Asal anda tetap rajin berolahraga semisal renang. Saya yakin tidak. Yang membuat gemuk makanan yang mengandung lemak. Susu berkalsium ada yg rendah lemak utk menjaga bentuk badan tetap langsing.

  7. aQ msh kls 3 smp, b’umur 15 thn, tnggi bdan ku 150, kedua orangtuaku gak tinggi” bgt, pa aku bs mnmbah tnggi bdn ku scra alami? tz gmn cranya?
    kl misalnya minum obat pnambah tnggi bdn, resikonya pa sja?
    thx

  8. Q berusia 17th tinggi ku cuma 150cm apa ku masih bisa gak nambah tinggi badan ku??? soale q pengen banget masuk Angkatan…. Apa yang harus q lakuin biar tinggi ku bisa nyampek 160cm

  9. @Anonymous: Utk wanita, biasanya masa pertumbuhan lebih dulu efektif drpd laki-laki. Dg umur 15thn, saya kira masih bisa utk menambah tinggi badan walau orang tua pendek. Asal ada niat & usaha yg besar.
    Perlu diketahui, ada kondisi “constitutional delay” yg merupakan keterlambatan pertumbuhan dan tetap termasuk normal tergantung individu. Hanya bth waktu saja hingga benar-benar berkembang. Silahkan gunakan cara-cara di atas.

    Utk obat penambah tinggi badan biasanya memiliki efek samping tergantung dr jenis produknya.

  10. @Fitri: Masih bisa. Rajin olahraga yg merangsang pertumbuhan, konsumsi makanan berprotein dan kalsium tinggi serta cukup istirahat. Peran gizi sangat besar jd jangan meremehkan. Silahkan ikuti cara-cara di artikel ini.

    Utk menjadi wara, pengetahuan jg penting selain kesempurnaan fisik.

  11. said ,..
    wah makasii bnget nie .. ada tips” keq gini .
    tapi kalo tidur’a sore bisa buat tinggi ga si?
    dan kalo tdur mlm normal’y jem rapa? kalo hru5 bangun jem 5? untuk prmpuan ya. thnks .. ^^

  12. oh…….. ya kr2 makanan p yg brprotein dan brklsium tinggi serta susu p nmx yg brklsium tinggi. lo’ bs jwbnx jngn lm2 donk……….!!!!!!!!!!!!

  13. @Mellina: Ya, lebih baik tidur siang. Karena klo tidur di sore hari dikhawatirkan malah susah tidur di malam hari dan telat untuk bangun pagi. Tentu saja ini malah tidak mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan.
    Yang lainnya jangan lupa ikuti cara-cara di atas.

    Klo bangun jam 5, tidur jam 10 malam itu sudah bagus.

    @Rudi: Yap. Sama-sama.

  14. saya wanita berumur 18 tahun,,,apa saya masih bisa meninggikan badan saya dengan umur yang sudah melewati batas pertumbuhan……

  15. umur w 18 tahun tinggi da 180.. padahal papa n mami w cuman sekitar 160.. w pernah baca katanya gen paling mempengaruhi, tapi buktinya g… w memang gemar sport, sehari skipping 2000x itu harus buat wa, n w ada ikut club basket n taekwando… kebutuhan kalsium itu sangat penting.. kira 2000mg buat kita umur pertumbuhan sehari.. olahraga hanging dan stretching juga bisa membantu tubuh kita lebih tinggi and tegap, n ingat cukup istirahat.. suksess yo..

  16. wah, tqu tipsny… menarik bwt d coba…
    tp tny dikit dnk…
    klo bwt co, sering onani berpengaruh gk sih terhadap pertumbuhan? (sory agk kotor)
    thx before…

  17. Saudaraku pernah meninggikan badan dengan akupunktur dan herbal. Kata saudaraku itu dia berhasil menambah tinggi badannya sampai 18 cm setelah diakupunktur dan terapi herbal di klinik Mahardhika (Pak Yongky), hanya saja biayanya agak mahal.
    Kalau tidak salah aku juga pernah lihat situsnya.
    Coba deh, lihat di http://www.pisangmagazine.com/tinggi.php

  18. saya berumur 17 thn and pertanyaan saya umur 17 thn itu biasanya tinggi brapa???? sdangkan tinggi badan saya 163, mohon bantuannya. makasih

  19. q 14 tahun,tinggi q 172 cm,saya sdh menekuni basket dri 5 SD,saat SD saya merasa q betambah tinggi,tapi saat SMP q merasa gak bertambah tinggi lagi,kalo ngikutin tips bsa gak jadi 180 cm,tapi kira2 brapa lama ya?

  20. Ya pasti bisa tambah tinggi dengan program yang cerdas:

    Asupan gizi yang benar terlebih kalsium 1000mg/hari dan protein yang memadai sesuai kebutuhan. tidur yang cukup ( jangan suka begadang ) ,dan latihan yang benar

    bisa juga lihat di BLOG SAYA…

  21. sorry…… pgl j Fhy…
    Q br umur 14 th kls 3 smp. Q stres ni gr2 tinggi bdn Q yg g nambah2 padahal spupu Q yg klz 6 tingginya dah se aku gt Q pengen bgt nyusulin tingginya dia . kira2 cr itu bisa ninggiin bdn brp cm stiap bulannya ?.

  22. Q fhy, q pengen bgt jd 170 cm pdhl tinggiku skg cm 152 apakah itu bisa t’capai dalam wktu yg sangat pesat . kl y pa metode yang cepat tp g pke biaya n secara alami ? thx sblmnya.

  23. q Utami.Q kls 2 smp kira2 tinggi badan Q 148.Pdhal Wktu SD q tergolong anak yg tinggi, tpi setlah smp tinggiq g’ nambah2. sedangkan tmen q yang dulunya pendek sekarang udah tinggi dari q

  24. gw umur 16 thun tiggi bdan gw 175…
    gw pngen bgt tiggi bdan gw bertambah jadi 190 cm…soalnya gw pngen jadi pemain timnas voli indonesia…!!!

    g mna cra’a byar cpet tiggi…

  25. tinggi saya 165 umur saya 18tahun saya ingin masuk TNI AD apa bisa tinggi lagi tubuh saya ? kalo masalah tidur q tidur jam 2 malem setiap hari bangun jam 5? apa bisa tetep tinggi badanku ? karena q kerja jaga warnet ? dapet shif malem

  26. mas trims bgt.. ts postingx
    mas tapi q g’ bs tidur siang soalx fb truzz n pux pulsa bxk. anda juga ingin pulsa bayak
    kunjungi ibnumasrupa.blogspot.com

  27. aku sudah umur 13 th tapi tinggiku cma 152 cm.. masih bisa nambah ga? kakakku umur’y 16th dari dulu sampai skrg tinggi’y masih 148 cm, apa itu berpengaruh sama tinggi badanku?

  28. @indrie: tentu saja masih bisa. Umurnya masih muda dan masih banyak waktu untuk menambah tinggi badan. Tinggi saudara tidak mempengaruhi.

    @berty: sepertinya sudah tidak bisa karena sudah jauh melampaui masa-masa pertumbuhan. Tapi masih bisa merenggangkan tulang belakang agar terlihat tinggi dan tegap.

  29. makaci saran yiaa ..

    oia kaq ..
    tdi kaq memulainya khan wktu dri kls 3smp ..
    Klo misalnya mulai dri klz 2 sma ..
    bisa gg ????

  30. akhirnya ku menemukanmu, artikel yang gini nih yang aq cari…
    sempet tergiring ke http://qutinggi.co.cc/ tapi musti beli dulu, ya g jdi….
    tp artikel ini menyelamatkan ku…
    makasih ya…
    buat yang prnah ke site yang diatas….
    emang itu site bener bisa nambah tinggi ato nggak sih…

    egp lah… pokokna makasi ya bro….

  31. aq dah ampir 18 th tp tinggi q cuma 150 aja,,,
    bantuin cari solusi dunk,,,,?
    bisa gag ya aku nambah 15 cm,,,,

  32. Hi mas, umurku 19 tahun mau ke 20 tahun~
    aku sebenarnya gak masalahin tinggi badanku yang 165 cm, tapi baru aku liat2 kok panjang kaki dan tubuhku gak seimbang, kepanjangan tubuhku, jadinya aneh gitu~ T__T
    ada solusi gak buat manjangin kaki aja? kan aku udah gak bertumbuh lagi ni katanya, kan 19 tahun~ makasii mas~ ^^

  33. bro , saya mau tanya nih ,, tiap saya abis tidur dari tidur malem ,saya ukur tinggi badan saya jadi lebih tinggi ,nah pas siangnya ko jadi pendek lagi ya ? tiap hari begitu bro , mohon bantuannya ya bro :)

  34. @Tatsuya Shima : gw ga inget perna baca atau nonton di mana.. tp katanya memang begitu. pas pagi2 kita bangun, badan jd lebih tinggi 1-2cm an. tp krna aktifitas jd balik lg ke ukuran semula. :)

  35. BOS .
    umur saya 14 mau ke 15 .
    saya rasakan pertumbuhan meningkat .
    shubuh saya ukur tambah 3cm pas kelamaan kembali ke semula .
    tinggi saya 150cm .
    itu mungkin aktifitas hormone baik dan saya yg harus menanfaatkan supaya tumbuh permanen .

    TOLONG BALAS >> ^_^ <<

  36. Kak zebhi, bingung nih. Aku dah umur 13 thun ntar lg 14 thun. Tinggiku masih 139 cm jg. Susu yang baik untuk usiaku skarang ini susu apa yah kak? Aku suka gonta ganti susu karna tetep aja, tinggi bdan gk bertambah wlaupun udh di bntu dgn olahraga jg. Trus olahraga selain basket dan renang ada lg gk kak? Makasihh

  37. yeachh dc decchhhhh,,,,,,,,,,,
    q kn cba,,,,,
    tpi kyaknya yg pling susah menurut’q adalah ditur lurus,,,,,,,
    coz q gag bsa tdur kyk gtu,,,,
    gag nyaman bngttttt
    thankkzzzz yeaczzz……….

    AYU NIA.

  38. q nahg makassar umurq sdh 15 thn tp tinggiq hax 150.q sdh brp x olahraga tp blom ada perubahan.apakah q msh bs tinggi nih. berikan solusix pleease……………………..

  39. hmmm,,,
    aku nih dah berdo’a ma usaha,,
    pi kog gak tambah-tambah??
    aku jadi takut klo gak bisa tinggi lagi,,
    labih baik gmna ya??
    thx

  40. mas saya santo ingin bertnaya , tinggi usia saya 23 tinggi saya 152 an,,, kira saya menargetkan tinggi saya bisa sampai 165 an..kira – kira bisa gak …lok bisa apa kira2 metode atau cara yang akatif agar keinginan saya itu dapat tercapai ..thanks sebelumnya…!

  41. nma sya geri:usia sya skrg mau 16 thn,,tpi tnggi sya msaih 153..bsa gk dng cra yg lain…atau dng cara obat atau alat..saya ingin bngat masuk TNI-AD…klw TNI-AD kan tnggi ny 165,,bsa gk y dngan tips ni,,sya coba dlu

    mudah2 dng tips ni sya bsa tmbah tnggi 165

  42. nama saya ari, umur ku 17 thun mau memasuki umur 18, tinggi saya 160, ingin tinggi nya bertambah hingga 165 -170.. gimana saran nya buat itu?
    trim’s

  43. @all: coba diterapkan cara-cara di atas. Makan makanan yg bergizi, memiliki kalsium tinggi seperti susu, buah pisang, keju, yoghurt, dll. Diusahakan setiap hari paling tidak minum susu 1x sehari. Makan makanan yg mengandung vitamin B12 juga sangat bagus untuk pertumbuhan badan.

    Jangan lupa untuk rutin olahraga seperti renang, basket, jumping (lompat-lompat). Fitness juga bisa tapi latihan yg menggunakan katrol atau latihan yang bersifat menarik badan, jangan yang angkat beban apalagi bila masih masa pertumbuhan hindari latihan angkat beban.

    Cukup tidur minimal 6 jam sehari. Tidur siang lebih diutamakan.

    Masa remaja adalah masa pertumbuhan cepat maka manfaatkan sebaik mungkin. Bila sudah menginjak dewasa maka itu adalah masa pertumbuhan lambat. :)

    Semoga membantu.

  44. bro,gw lahiran tahun 1990,tinggi gw 170,karna fitness badan dah atletis,punggung jadi agak lebar jadi ga kelihatan tinggi,kira2 masih bisa tambah tinggi badan ga ya?kalu kaki di renggangkan bisa ga bro?
    thanks before :)

  45. tinggi tubuh aku udah 170 cm, tapi rasanya masih pengen punya tinggi 180 cm keatas, soalnya keren punya tinggi seperti itu

  46. Anonymous said…
    Q fhy, q pengen bgt jd 170 cm pdhl tinggiku skg cm 152 apakah itu bisa t’capai dalam wktu yg sangat pesat . kl y pa metode yang cepat tp g pke biaya n secara alami ? thx sblmnya.

    21 November 2009 21:43
    Anonymous said… >> bs.. yg penting sabar yo,, pikiran jgn stress, kudu rileks, kalo cara yg di atas kurang cb tambah ini gan>> ke tukang urut atau k refleksi seminggu 2-3 kali, biar darah ngalir bagus, mungkin ada darah yg tersumbat tambah renang jg mahman…
    sixpack boy >>> wah bagus tuh Brocom badan luh, tambah lg lah badannya, mungkin jgn ngejim dulu lah… mending renang, cb k panti urut biar hormon pertumbuhan terangsang seminggu 1-2x kalo blom cb, pikiran jg kudu rileks. okai. by andy_cool

  47. Zeb,saya desember ini umur 16 taon dan tggi saya sampe sekarang cuma 170 cm mnurut kamu saya bs ga nyampe 180 cm pas umur 20?emang se gen kluarga saya pndek papa saya kira2 167,mama saya kr2 157cm,koko prtama 160,koko kdua saya kr2 170 cm jga,memang masala gen itu faktor bsar ya?trus kalo ikutin tips2 kamu itu durasinya berapa lama ya baru ad efek?makan keju juga bs tamabah tinggi ya?memang cowo kalo uda lwatin msa2 yg tiba2 tinggi bakal susah nambah tinggi lagi ya?tolong dijawab ya,thx

  48. mas tinggiq 165an umur 17 tahun..,
    pngen tinggi 172an keatas bsa ga..,,
    tpi shari jrang tdur pa lgi siang.,,,
    pdhal asupan nutrisi uda joss,,
    tpi kuq ga tinggi2 juga ea.,.,

  49. nama saya tia, umur saya 16 th skrng saya duduk d kls 2 SMA dan tinggi saya 145cm, tiap hari saya harus menggendong tas yang lummayan berat..
    apakah itu mempengaruhi proses pertumbuhan dlm diri saya..??
    tolong berikan saya saran..
    pleace..

  50. gan saya umur 6 thn, tinggi saya baru 168,, kira” bisa ga ya sampe 175, saya pngn jadi pol,isi soalnya, sya sring main skate loncat” itu buat badan jebol gak ya?? thx

  51. bagaimanayah kalau seorang wanita yang berusia 16 thn tetapi belum mengalami menstruasi dan payudaranya juga belum tumbuh dan tingginya 125 cm dan berat badan 28 kg. apakah masih bisa mengalami peninggian badan dan juga bisa mengalami menstuasi. bagaimana tipsnya
    tolongggggggggggg

  52. ane waktu smp pernah ngerasa pendek.. padahal waktu itu tinggi sekitar 160 cm :hammer
    trus ane disaranin nyokap buat lompat dengan sugesti tangan harus menyentuh plafon/langit-langit atas rumah, maklum nyokap ane terinspirasi melihat pemain basket rata-rata tingginya di atas 180 cm..
    trus ane coba ikutin saran nyokap, dan cuma selang 3-5 bulan deh, tinggi ane tambah 10 cm menjadi 170 cm.. ane kaget ternyata lompat-lompat juga bisa nambah tinggi.. manjur juga nih metode dari nyokap..
    trus waktu SMA ane dah mulai jarang latihan ginian, banteran cuma dapet 2 cm selama latihan soalnya jaman SMA kenakalan remaja mulai muncul sii, jarang dirumah mulu.. hhehe
    sekarang ane dah kul semester akhir, dan mencoba lagi untuk menambah tinggi badan, karena target ane di atas 180 cm.. ane yakin masih bisa ninggiin badan, because nothing is possible karena umur ane beranjak 22 tahun..
    ane sedang mencoba metode dari ebook yang di jual di kaskus, soalnya bisa menambah tinggi dengan cepat.. mudah-mudahan latihannya di beri kelancaran.. ammiin
    sekian curhatan ane, sukses juga buat yang punya blog ini.. cayooo :)

  53. yah, ane berarti yang paling pendek nih!

    Nama ane : @atok
    gender : laki2
    tinggi : 143cm
    umur : 15th (born1996)
    bapakku tingginya cuma: 160cm an aja,
    kira2 bisa setinggi 160cm keatas dalam waktu cepat gak ya?

  54. umur saya 23 thn, saya laki2 dan saya ada keinginan untuk operasi tulang biar tambah 10cm. menurut anda, bagaimana cara meninggikan badan di usia saya yg sekarang tanpa operasi? segala nya saya mau tempuh. thanks

  55. Saya seorang remaja pria berumur 15 thn,dgn tinggi badan 168cm.
    yang mau ingin saya tanyakan berapa tinggi badan saya,ketika dewasa nanti ? Dan berapa batas umur untuk pertumbuhan pada pria?

  56. Hmmm , saya cewek umur 16 tahun tinggi 170 , lebih baik kalo mau coba Cara yg diatas anda harus memperhatikan saudara” anda adakah yg berbadan tinggi, jika ada maka anda masih punya kesempatan untuk tinggi, walopun ada anak yg tinggi padahal org tuanya pendek” itu karena gen dari nenek atau buyut meloncati org tua tersebut, makanya tdk heran ada anak yg lebih tinggi dari org tuanya, Dan lg anak yg dari bayi diberi gizi yg cukup sampai usia 2 tahun dia akan lebih tinggi dari anak” seusianya saat umur 20 thn, sekali lagi gen sangatlah berperan, untuk usia dibawah 20 thn mending jgn fitnes karna itu yg menghambat pertumbuhan apalagi coba” untuk diet yg tdk sehat, usia remaja mendingan berenang, basket, lompat tali itu aja cukup, jgn yg berat”, oh iya ada lg,,,, berat badan juga dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan, jadi kalo anda kurus jgn coba” untuk gemukkin badan saat usia dibawah 20 thn…. Biar kan saja karna biasanya yg kurus itu lebih lancar pertumbuhan tinggi nya

  57. q amrullah umur q 13 tahun Tinggi q kira kira 142 cm .. q mw jdi tinggi..kyk teman teman q.. q malu diolok pendek..
    berikan tipsnya dong supaya q bisa jdi tumbuh tinggi dengan cepat…

  58. Susu itu bisa meninggikan badan dan menaikkan berat badan kah ??
    Itu z Makasih..saya tunggu.. secepatnya dibalas ya ?? saya mohon berikan tipsx.. yang tadi dan yang ini.. tolong dijawab..
    wassalam..<(“”Amrullah…Lelaki yang ingin tinggi normal..””>)

  59. hmmm..tlong donk ka’ zebhi q brumr 14 thn tpi tnggi bdan qu skitar 145an l..aq dh kls 3smp..bntu donk spya cpt tinggi nya soal nya aqu malu d’ejek2 cma tmen2 qu..krna aq pling pndek d’antra mrka… Bntu2 d0nk :) please,ka2k baeg dch.

  60. q pria umur 17 tahun. tinggi gw cuman 155cm. kira2 tinggi badan gw bsa nambah sampai brp centi klo tiap pagi skipping 200x dan tiap malam minum susu tinggi kalsium..? btw, skipping besar nggak pengaruhnya utk pertumbuhan..??? balas yah..!

  61. Umur gua 15 thn wktu itu tinggi gua cuma 163 cm, abis itu gua coba tidur dari jam 11 bangun jam 6 abis itu minum susu high calcium + karena skola gua dket jadi gua lebi suka naek sepeda +- 10mnt sampe kalo naek motor gak ada manfaat nya, gua jadi suka maen futsal karena katanya bisa nambah tinggi juga dan tidur siang pas istirahat kedua di sekola sekitar 20mnt karena skola gua pulang sore abis itu malem minum susu lagi eh gaklupa pagi setelah bangun tidur slalu streching sama saat pengen main futsal. itu smua gua lakuin tiap hari dan hasil nya alhamdulillah setelah sekitar 1 bln tinggi gua bisa nambah 4cm jadi 167cm. dan target gua 175-180cm kalo kata dokter tetangga gua sih ada kemungkinan besar bisa kalo begitu terus. dan katanya tinggi org tua kita gak begitu pengaruh besar yg pengaruh niat kita mau tumbuh tinggi apa gak

  62. ak ikt ekskul basket seminggu 3x, tp stiap plg sekolah selalu bw buku byk di tas gemblok umur ak jg msh 12 th apa msh ad kemungkinan biar bs tinggi?

  63. thanks infonya..!!
    but 1 Lgi.. badanku ni kan agak kurus.. tinggi 168. aku ingin memiliki bentuk tubuh ideal.. n agak tinggi. apa makan roti.telur dan susu coklat tu udah cukup. setelah melakuan joging tiap pagi..! teruss apa lari pagi bisa meninggikan badan?

    thnks ..

  64. oh gitu ya gan , iya sih ada nyata nya juga tips nya stelah saya membiasakan tidur saya dengan terlentang ya saya merasa tinggi badan saya agak naik sedikit gitu gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>